Header Ads

7 Mutasi Gen Yang Membuat Kamu Jadi Manusia Super


Setelah menyaksikan film-film yang bergenre superhero, mungkin sebagian dari kita berkhayal tentang bagaimana rasanya ya jika menjadi manusia super di dunia ini dan membasmi segala kejahatan. Nah, baru-baru ini beberapa ilmuwan sudah menemukan resep agar impian manusia untuk memiliki kekuatan super akan terwujud. Para ahli genetika sudah melacak beberapa kemungkinan mutasi pada gen tertentu yang bertanggung jawab untuk memiliki kemampuan yang benar-benar di luar dari batas manusia normal. Apa saja? Berikut adalah 7 Mutasi Gen Yang Memungkinkan Kamu Jadi Manusia Super, versi Berita Unik Aneh.

Baca juga:

1.       Tulang Sekuat Baja
Patah tulang merupakan salah satu kecelakaan yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Meskipun tulang adalah salah satu bagian tubuh yang kuat, tapi bukan berarti tidak bisa patah. Kecuali jika anda memiliki mutasi sangat langka pada gen LRP5. Gen LRP5 adalah gen yang bertanggung jawab untuk kepadatan tulang. Para peneliti menyebutkan bahwa mutasi pada gen ini bisa menyebabkan kepadatan tulang anda menjadi lebih rendah atau osteoporosis. Namun baru-baru ini para ilmuwan juga telah menemukan efek yang sebaliknya. Contohnya adalah salah satu keluarga di Connecticut yang memiliki mutasi LRP5 yang memberikan kepadatan tulang mereka menjadi hampir tak bisa dipatahkan. Dengan adanya penemuan kasus ini, kedepannya diharapkan agar ada cara mutasi LRP5 bisa diterapkan di manusia lain.

2.      Kebal Dari Racun
Ketika racun masuk ke dalam tubuh seseorang, hal ini dapat membuat tubuh menjadi sangat rapuh dengan cepat. Bahkan efek terburuk jika terdapat setetes sianida atau risin tertelan, maka sangat mustahil bisa bertahan hidup. Namun telah ditemukan sebuah kasus di desa San Antonio de Los Cobres, Argentina, yang telah meminum air gunung dengan campuran arsenik 80 kali lebih tinggi dari tingkat aman dan tetap hidup. Ternyata setelah dilakukan penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa gen AS3MT mereka telah mengalami mutasi yang dapat menjadikan mereka kebal terhadap racun. Diperkirakan bahwa terdapat 6.000 orang memiliki mutasi gen ini.

3.      Sedikit Tidur
Kehidupan seorang pahlawan super memang tidak mudah. Bekerja di siang hari lalu menumpas kejahatan di malam hari, membuatnya memiliki waktu yang sedikit untuk tidur. Namun kini para ilmuwan telah mengidentifikasi gen DEC2 yang memang bertugas untuk mengatur jumlah tidur kita dalam sehari. Kebanyakan dari manusia di bumi ini menuntut 8 jam atau lebih tidur dalam satu hari. Hanya sekitar 5 persen dari populasi bumi yang memiliki waktu tidur sedikit. Terdapat sepasang ibu dan anak yang memiliki kemampuan tidur hanya 4-6 jam saja setiap malam dan tidak berdampak negatif bagi tubuh mereka. Tubuh mereka tetap bisa berfungsi secara normal seperti manusia lain pada umumnya.

4.      Tahan Listrik
Listrik adalah salah satu hal yang berbahaya bagi tubuh kita. Sedikit saja aliran listrik menyentuh kulit kita, dapat membuat tubuh tersengat bahkan gosong dan meninggal. Namun berbeda dengan yang dialami oleh Slavisa Pajkic, penduduk asal Serbia ini kebal terhadap aliran listrik. Hal ini disebabkan karena Slavisa Pajkic tidak memiliki kelenjar keringat maupun kelenjar ludah yang dapat mengalirkan listrik ke tubuhnya karena basah. Sehingga kulitnya dapat menjadi penghalang antara listrik dengan tubuh. Berkat mutasi gen yang dimilikinya tersebut, Slavisa Pajkic kini dijuluki sebagai “Manusia Baterai”

5.      Stamina Super
Gaya hidup seorang artis maupun musisi terkenal boleh jadi sangat merugikan bagi tubuhnya. Bagaimana tidak, setiap harinya mereka harus selalu fit dan tidak gampang capek untuk menghadiri berbagai macam kegiatan. Penggunaan dopping atau narkoba dianggap menjadi salah satu cara “terbaik” bagi mereka. Lain halnya dengan yang dialami oleh seorang rocker bernama Ozzy Osbourne. Para peneliti menemukan bahwa dia mengalami mutasi pada gen ADH4 yang memberinya peningkatan jumlah protein yang membuatnya tidak kenal capek meskipun tidak mengkonsumsi obat-obatan penambah stamina.

6.      Manusia Kuda Lumping
Bagi sebagian besar orang, pecahan kaca dan ujung besi yang tajam adalah benda-benda yang sangat dihindari karena dapat melukai kulit. Tapi berbeda dengan seorang pria asal Perancis bernama Michel Lotito. Lotito bukan hanya menghindari benda-benda tajam tersebut, dia justru memakannya dan tidak berdampak apa-apa. Selama bertahun-tahun dia mengkonsumsi kaca, besi, alumunium, dan sebagainya. Setelah diteliti, Lotito ternyata memiliki mutasi gen pada sistem pencernaannya, yang membuat perut dan ususnya menjadi lebih tebal.

7.      Manusia Karet
Manusia lentur yang memiliki fleksibilitas tinggi pada tubuhnya mungkin hanya bisa kita lihat di film atau komik saja. Namun beberapa orang ternyata mewariskan kondisi genetik tertentu yang membuatnya sangat lentur yang disebut dengan Sindrom Marfan. Sindrom ini membuat tubuh memproduksi protein fibrin-1 yang menyebabkan tubuh membuat jaringan ikat yang lebih lentur.


No comments

Powered by Blogger.