Header Ads

7 Hewan Dasar Laut Dengan Bentuk Yang Menyeramkan


Makhluk dasar laut sendiri mengacu pada binatang dan organisme yang hidup jauh di dasar laut. Mereka harus mampu hidup di lingkungan yang ekstrim seperti tekanan air laut, oksigen yang minim, makanan yang sedikit, tidak ada sinar matahari, hingga suhu yang sangat dingin. Tak ayal jika kita jarang bahkan mungkin belum pernah melihat binatang-binatang tersebut yang ternyata memiliki bentuk yang menyeramkan. Berikut adalah 7 binatang dasar laut yang memiliki bentuk menyeramkan.

1. Ikan Mata Barrel
Ikan yang ditemukan di lepas pantai California ini merupakan jenis ikan pertama yang ditemukan dengan bentuk kepala yang lunak dan transparan. Ikan jenis ini tergolong kecil yakni 15 cm.

2. Naga Hitam Pasifik
Binatang ini hidup di kedalaman 1000 meter dibawah permukaan laut, namun terkadang berenang sedikit ke permukaan untuk mencari mangsa. Alasan mengapa disebut Naga Hitam Pasifik, karena binatang ini berwarna hitam serta memiliki spesialis pemangsa hewan-hewan laut yang bercahaya. Perut binatang ini diciptakan dapat meredam cahaya saat menelan mangsanya.

3. Ikan Blobfish
Ikan yang memiliki paras aneh ini hidup di wilayah Australia Bagian Tenggara hingga Selandia Baru. Ukurannya tak lebih dari 30 cm dan hidup di kedalaman antara 600 hingga 1200 meter dibawah permukaan laut.

4. Hiu Goblin
Hiu jenis ini mungkin merupakan hiu dengan tampilan yang paling menyeramkan. Hidup di kedalaman 1000 meter di wilayah Samudera Pasifik dan Atlantik. Hiu ini dapat tumbuh hingga 38 meter dan diperkirakan telah ada sejak zaman pra sejarah serta tidak berubah selama jutaan tahun.

5. Kepiting Laba-Laba
Kepiting ini adalah spesies yang memiliki kaki panjang hingga 3,8 meter dan berat mencapai 19 kg. Menurut para ilmuan umurnya bisa mencapai 100 tahun. Kepiting ini mampu hidup di kedalaman 600 meter di antara rongga-rongga dasar laut.

6. Hiu Berjumbai
Hiu ini pertama kali ditemukan pada 21 Januari 2007 di perairan Jepang. Penyebarannya berada di wilayan Samudera Atlantik dan Pasifik. Para ilmuwan memperkirakan, hiu ini mampu menelan mangsanya tanpa mengunyah dengan sempurna karena dapat membengkokan tubuhnya agar mangsanya dapat masuk dengan leluasa.

7. Kutu Laut Raksasa
Makhluk dasar laut ini mirip kutu, hanya saja tubuhnya dapat memanjang hingga 4,6 cm. Binatang ini mampu bertahan hidup di dasar samudera hingga kedalaman 6000 meter.


No comments

Powered by Blogger.